Bangunan Megah 6 Lapis Diduga Tanpa IMB, CKTRP Tambora Terkesan ‘Tutup Mata’

SOROT24 – Bangunan megah berdiri di Jalan Tanah Sereal XIV No.3 RT 006/08 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Bangunan yang awalnya 3 lapis itu kini dibangun 6 lapis dan memliliki lift.

Diduga bangunan itu berdiri tanpa izin mendirikan bangunan (IMB), dan sejauh ini tidak ada tindakan tegas dari pihak Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Tambora.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorot24.com dari beberapa warga setempat, ternyata bangunan tersebut pernah bermasalah dengan warga diwilayah itu.

“Puing-puingnya pernah menimpa rumah yang ada di samping dan belakang bangunan tersebut, namun sayangnya pemilik bangunan tidak koperatif terhadap pengaduan warga yang rumahnya merasa dirugikan,” ujar seorang warga yang enggan disebutkan namanya, Jumat (29/9).

Seharusnya, kata dia, bangunan tersebut sudah di tindak tegas oleh Kasatpel CKTRP Kecamatan Tambora.

“Harusnya bangunan itu sudah di segel atau dibongkar, namun sepertinya para petugas CKTRP Tambora tidak melakukannya,” ungkapnya.

Sementara, petugas CKTRP Kecamatan Tambora saat dikonfirmasi Sorot24.com, terkait dugaan bangunan itu tanpa IMB, sampai berita ini diterbitkan tidak ada respon.

Disisi lain, pengurus lingkungan setempat pun merasa di sepelekan karena tidak adanya ijin atau koordinasi dari si pemilik bangunan kepada pengurus RT maupun RW, sehingga para pengurus merasa tidak diakui dan berharap Sudin CKTRP Tambora segera mengambil tindakan yang tegas.

“Saya merasa disepelekan atau tidak diakui adanya pengurus RW maupun RT, karena si pemilik tidak ada bahasanya untuk merenovasi atau membangun rumahnya, apalagi sampai ada permasalahan dimana warga saya yang rumahnya merasa dirugikan tetapi tidak ada respon, saya berharap untuk petugas CKTRP Tambora dapat menindaknya dengan tegas,” ujar Ketua RW setempat. (PJ)