Bawaslu Kabupaten Tangerang Buat MoU dengan MCT Kawal Pemilu 2024

SOROT24 – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tangerang melakukan MoU dengan Media Center Tigaraksa (MCT), yang berlangsung di Gedung Bawaslu Kabupaten Tangerang, Jumat 8 Desember 2023.

Hal itu dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, serta menyamakan persepsi peliputan dan publikasi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Muslik mengatakan, kerjasama dengan beberapa organisasi media yang ada di Kabupaten Tangerang merupakan suatu bentuk untuk mengawal, serta pencegaha pelanggaran pemilu 2024.

“Pertemuan Ini merupakan langkah kami kedua bertemu dengan rekan-rekan organisasi media. yang tentunya bagian upaya pencegahan. Karena ini perintah dari pusat, agar kami bekerja sama dengan media,” katanya.

Ia juga mengatakan, dengan kerjasama ini semoga Bawaslu semakin kuat, serta dapat mencegah berita hoaks. karena Bawaslu tidak mungkin bekerja sendiri dalam pengawasan.

“Karena memang personal kami terbatas. Untuk itu kami butuh rekan-rekan media untuk ikut mengawasi,” ujar Muslik.

Sementara, Ketua Media Center Tigaraksa (MCT) Endang Sunandar dalam sambutannya mengatakan, pada prinsipnya MCT berterima kasih atas sinergitas yang dibangun oleh pihak Bawaslu untuk kerja bersama dalam rangka menjaga kondusifitas pemilu 2024.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah bersepakat dengan beberapa asosiasi media lainnya membuat memorandum of understanding (MoU) bersama dengan tujuan yang baik, menjaga kondisi kita jelang pemilu 2024,” ucap Ketua MCT.

Meski begitu, Endang menegaskan, jurnalis tetap harus menjaga independensi, walaupun sudah ada MoU.

“Artinya ketika komunikasi sudah terbangun insya Allah lah kedepannya ketika ada hal-hal yang kurang baik dari berbagai hal kita bisa komunikasikan, sekali lagi pentingnya membangun komunikasi. Terima kasih kepada Bawaslu yang sudah mengajak kami bersama teman-teman media untuk bisa bersinergi serta berjalan beriringan,” tutup Endang. (red)