SOROT24 – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Tigaraksa meresmikan bedah rumah tidak layak huni (Rutilahu) di tiga titik lokasi berbeda diwilayah Kecamatan Tigaraksa, Rabu (20/9).

Tiga warga penerima manfaat yang mendapat program bedah rumah itu, yakni, Suradi, warga Kampung Pabuaran RT 02 RW 03 Kelurahan Tigaraksa, lalu Budi, warga Kampung Cileles RT 001 RW 001 Desa Bantarpanjang, dan Ibu Karni, warga Kampung Ranca Sadang RT 001 RW 002 Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa.

Hadir dalam kegiatan itu, Komisioner Baznas Kabupaten Tangerang, H Abdul Haris, Ketua UPZ Kecamatan Tigaraksa H Sumarjono, Sekcam Tigaraksa Dicki Burhanudin, Ketua KUA Kecamatan Tigaraksa, Ketua MUI Kecamatan Tigaraksa KH Idrus, Perwakilan Desa/Kelurahan setempat, pengurus RT/RW setempat, dan jajaran personil Polsek Tigaraksa.

20230920 093000 scaled

“Alhamdulilah, bedah rumah di 3 titik lokasi diwilayah Kecamatan Tigaraksa sudah selesai kami laksanakan sesuai amanat dari Baznas Kabupaten Tangerang,” ucap Ketua UPZ Kecamatan Tigaraksa H Sumarjono, kepada Sorot24.com, Rabu (20/9).

Sumarjono juga mengatakan, bahwa program Rutilahu ini terlaksana dari dana rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, karena sumber dananya itu dari zakat, infaq, dan shodaqoh.

“Alhamdulilah, selama 10 harii program ini selesai sesuai amanahnya, dan para penerima manfaat semoga bisa menikmatinya, sehingga kehidupannya layak menempati rumah sebagaimana masyarakat yang lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Sumarjono menyampaikan, pihaknya yaitu UPZ Kecamatan Tigaraksa dan Pemerintah Kecamatan Tigaraksa tentunya merasa senang sudah dapat membantu menyalurkan bantuan dari Baznas Kabupaten Tangerang.

“Semoga mendapat ridho dan keberkahan dari Allah SWT,” ucap Sumarjono.

Untuk tahun ini, kata Sumarjono, pihaknya memberikan bantuan untuk 3 orang penerima manfaat, yakni warga Desa Sodong, Desa Bantarpanjang, dan Kelurahan Tigaraksa.

“Dana ini bersumber utuh dari Baznas Kabupaten Tangerang, jadi dana subsidi silang belum ada. Pastinya pada tahun ini bertambah, yang sebelumnya kami hanya mendapat 2 titik, itu berdasarkan peringkat,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk data penerima manfaat berdasarkan peringkat kontribusi perdesa.

“Kita serahkan kepada desa yang bersangkutan, ada tidak warga yang layak menerima bantuan, bila tidak ada baru kami mencari yang lain,” imbuhnya.

Dia juga berharap, untuk tahun depan bisa meningkat bantuan yang diberikan, insa Allah akan lebih baik lagi.

Sementara, Sekcam Tigaraksa Dicki Burhanudin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Baznas Kabupaten Tangerang atas bantuan program bedah rumahnya melalui UPZ Kecamatan Tigaraksa kepada 3 warga Kecamatan Tigaraksa.

“Kami mengimbau khususnya pengurus RT atau RW untuk mengimbau warganya untuk terus meningkatkan amal zakat, infaq dan shodaqohnya, bisa melalui Kantor Kecamatan Tigaraksa langsung, dengan scan barcode, atau zakat secara online,” tutup Sekcam Dicki. (sa/sorot24)