Besok! 16 Desa di Kabupaten Tangerang Bakal Gelar Pilkades, Kepala DPMPD: Ini Jadi Tolak Ukur Keamanan Pemilu 2024

SOROT24 – Sebanyak 16 desa yang tersebar di 13 kecamatan akan terlibat dalam penyelenggaraan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang Tahun 2023, pada 24 September 2023 ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab Tangerang) mengajak seluruh warga menggunakan hak suara dalam Pilkades Serentak.

Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, H Yayat Rohiman mengatakan, selain 16 desa, juga ada dua desa yang akan melakukan pemilihan kepala desa antarwaktu (Pilkades PAW) pada waktu yang bersamaan.

“Kalau untuk Pilkades ada 16 Desa dan ada juga 2 desa yang melakukan PAW,” kata Yayat dikutip dari situs Pemkab Tangerang.

Yayat mengungkapkan, tahapan persiapan sudah dimulai sejak 1 Juni 2023 lalu.l, dan pelaksanaannya pada 24 September 2023 besok.

Pelaksanaan Pilkades Serentak ini sesuai surat edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 100.3.5.5/244/SJ,” kata Yayat.

Dalam surat edaran itu, pelaksanaan pilkades di Kabupaten Tangerang diperbolehkan untuk dilakukan serentak sebelum 1 November 2023.

“Dengan ini Kabupaten Tangerang akan tetap melaksanakan Pilkades Serentak tahun 2023 mendatang,” jelas Yayat lagi menambahkannya.

Karena, kata Yayat, itu tidak bersinggungan secara langsung dengan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang.

“Untuk pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang tahun ini, sudah dilakukan sejumlah tahapan, dari persiapan hingga pencalonan,” jelasnya.

Selanjutnya, lanjut Yayat, akan dilaksanakan tahapan pemungutan suara. Ini diawali penyerahan perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara pada KPS.

Pemungutan suara Pilkades Serentak Tahun 2023 ini dilakukan melalui pencoblosan yang akan diselenggarakan pada 24 September 2023 besok

Usai  pencoblosan, dilakukan penghitungan suara, pleno rekapitulasi penghitungan suara, hingga penetapan calon kepala desa terpilih.

Kemudian, hasilnya akan dilaporkan kepada BPD dan diteruskan kepada bupati untuk mengesahkan para calon kepala desa terpilih tersebut.

Tahapan terakhir adalah penetapan. Bupati akan menetapkan pengesahan dan pengangkatan resmi, serta melantik semua kepala desa terpilih

Kepala DPMPD itu menambahkan bahwa pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2023 ini pun akan menjadi tolak ukur keamanan Pemilu tahun 2024.

“Saya meminta masyarakat menjaga kondusivitas selama pilkades. Sebab ini akan menjadi tolak ukur keamanan saat pemilu nanti,” ujarnya. (red)