SOROT24 – Danramil 06/Tigaraksa Kapten Inf Suharto bersama tiga pilar lainnya menghadiri kegiatan pemaparan visi dan misi calon Kepala Desa Pasirnangka, yang berlangsung Rabu kemarin, 20 September 2023, di Aula Kantor Desa Pasirnangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan itu, Kapten Inf Suharto memperkenalkan dirinya sebagai Danramil 06/Tigaraksa yang baru, ia baru 1 bulan menjabat atau ditugaskan di wilayah Kecamatan Tigaraksa.

“Alhamdulilah, saya dinas dari sektor timur sampai sektor barat sudah melaksanakan tentang masalah tugas kemiliteran,” ucapnya.

Suharto mengaku, dirinya dilahirkan militer dari Kostrad lalu masuk kewilayah. Ia pun mengaku bahwa ia asli Sunda asal Menes Pandeglang, memiliki istri dan 4 orang anak.

“Alhamdulilah yang pertama sedang melaksanakan S2 di UIN Serang, yang kedua sedang di Untirta Serang, itu sudah hafiz Quran 20 juz, lalu yang ketiga hafidz 30 juz di UIN Bandung, dan yang keempat alhamdulilah 15 juz, insa Allah menjadi penerus,” aku Suharto.

Suharto juga mengatakan, sebagai Danramil yang baru ia menitipkan dirinya kepada masyarakat dan memohon bimbingan, karena menurutnya sebagai manusia dirinya banyak kekurangan.

“Kami perlu dibimbing, termasuk kami sebagai aparat diwilayah ini, jangan segan-segan menyampaikan kepada kami bimbingan dan sarannya. Lebih bagus disarankan daripada kita punya keputusan mutlak tersendiri, tidak perlu takut dan ragu demi langgengnya kebersamaan kita di Desa Pasirnangka ini,” tuturnya.

Dengan begitu, lanjut Suharto, akan terjadi kondusifitas, tidak ada wewenang masing-masing, sebab setiap permasalahan dan persoalan dimanapun akan terkikis habis oleh waktu, akan terkikis habis oleh pekerjaan yang lain.

“Maka dari itu, apabila ada persoalan yang sangat rutin sekali, mari sama-sama kita koordinasi dan bermusyawarah disini, baik di Kepala Desa, RW maupun RT,” ujar Suharto.

Terkait Pilkades di Pasirnangka, lanjut dia, bahwa ini bukan persaingan, tetapi mencari calon Kepala Desa yang bisa memimpin dan memajukan Desa Pasirnangka kedepan.

“Kalau untuk mencari pimpinan kedepan yang lebih baik, mari kita sama-sama mendukung dan menilai, untuk kebahagiaan masyarakatnya, dan bisa membawa desa ini kedepan lebih sejahtera, aman dan damai,” jelasnya.

Dia bersama tiga pilar mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga ketentraman dan soliditas.

“Jangan sampai terjadi ada kesalahpahaman, terjadi bentrokan antar sesama teman, tetangga dan saudara karena berbeda pilihan. Apabila itu terjadi, itu merupakan kesedihan dan kepedihan bagi kita semua,” imbau Suharto.

“Mari kita sebatas mendukung saja, jangan sampai emosi dan fanatik berlebihan dalam mendukung calon masing-masing,” imbuhnya.

Kepada para calon Kepala Desa, ia juga berpesan untuk menyampaikan sesuatu kalimat yang mudah dipahami, agar tidak terjadi saling ketersinggungan. Ia pun menegaskan, bila tidak terpilih nanti untuk menerima dengan ikhlas dan menganggap ini adalah jalan yang terbaik.

“Jangan terbawa emosi, sebab ini adalah keputusan Allah SWT, semoga yang terpilih merupakan pilihan yang terbaik,” tegasnya.

Ini adalah bulan dan tahun politik, silahkan saja memilih sesuai hati nurani, ini merupakan hak prerogatif masing-masing.

“Alhamdulilah desa Pasirnangka setiap ada Pilkades selalu kondusif, semoga ini bisa dipertahankan, Kami pun sebagai petugas baik dari TNI dan Polri tetap bersinergi dilapangan. Mari kita bersinergi menjaga keutuhan dan kebersamaan di wilayah yang kita cintai ini yaitu Desa Pasirnangka,” tutup Danramil 06/Tigaraksa Kapten Inf Suharto. (S-02)