Pemdes Pasirbolang Gelar Musrenbangdes Tahun 2023

SOROT24 – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa tahun anggaran yang direncanakan.

Musrenbang Desa dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM Desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirbolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, yang hari ini Selasa (26/9), menggelar Musrenbangdes Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2024 dan Daftar Susulan RKP Desa (DU) Tahun 2025

IMG 20230926 WA0031

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Desa Pasirbolang lantai 2 ini dihadiri Kasi Pemerintahan Kecamatan Tigaraksa, Mulyadi, Kades Pasir Bolang, Dadi, UPT Puskesmas Pasirnangka, Pedamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, RT/RW, PKK, Pemuda, dan Tokoh Agama, serta Masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tigaraksa Mulyadi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman agar masyarakat mengetahui mana yang yang bisa tercover oleh Anggaran Dana Desa (ADD), dan kewenangan dinas terkait.

“Karena tidak semua usulan itu bisa di cover oleh dana anggaran desa,” katanya.

Mulyadi juga menanggapi beberapa usulan dari masyatakat, ia meminta usulan itu lebih spesifik dan gampang di pahami.

“Sepertu uang UKS, karena anggaranya cukup tinggi jadi usulan tersebut masuk ke DU RKPdes, kasihan desa,” jelas Mulyadi.

Dia juga meluruskan usulan dari seorang guru di Kampung Cogreg terkait meja siswa untuk 3 rombel.

“Karena itu juga besar anggaranya jadi masuk ke DU desa, dan nanti desa meneruskan ke pihak kecamatan dan pihak kecamatan melanjutkan ke dinas terkait nanti sama halnya dengan ruang UKS dan beberapa lainya,” terangnya.

“Kasihan pihak desa kalau anggaranya terlalu besar, jadi anggaran desa terbagi untuk kegiatan lain yang bisa terkaper oleh dana desa,” imbuh Mulyadi.

Senada, Dadi, Kades Pasir Bolang mengungkapkan, ada beberapa poin usulan masyarakat yang bisa tercover oleh anggaran dana desa, itu masuk ke DU, nanti di usulkan ke dinas terkait melalui kecamatan dan desa.

“Terutama dari pihak sekolah tinggal membuat proposal kami pihak desa akan bantu mendorong jika proposalnya sudah ada, mudah-mudahan sesuai dengan harapan semua bisa tercover,” ungkap Dadi.

“Dan alhamdulillah hari ini Musrembangdes Pasirbolang bisa terselenggara sukses dan aman, dan saya berharap kedepan Desa Pasirbolang semakin maju,” pungkasnya. (S-02)