Sosialisasi Perda Banten, Zulpikar Apresiasi Ketua Fraksi PDI-P DPRD Banten

SOROT24– Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Banten diadakan Fraksi PDI-P DPRD Provinsi Banten, pada Rabu kemarin 11 Oktober 2023, di Desa Caringin Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka langsung oleh Ketua Fraksi PDI-P DPRD Banten, Muklis SH, menghadirkan Pemateri Zulpikar selaku Akademisi dibidang Ilmu Hukum yang juga sekaligus juga sebagai Koordinator Umum Perhimpunan Pemilih Indonesia (PPI) Kabupaten Tangerang (Lembaga Pemantau Pemilu Nasional), dan pemateri lainnya yaitu, Ahmad Arif Agustin, seorang praktisi. Dan dihadiri sebanyak 150 orang, dari masyarakat Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi Peraturan Daerah yang di sampaikan pada acara itu yaitu sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor : 8 Tahun 2022 Tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Dalam kesempatan itu, Muklis, Ketua Fraksi PDI-P DPRD Banten mengatakan, sejak awal berdirinya Bangsa Indonesia sudah menjadi kesepakatan bersama, bahwa Bangsa Indonesia menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan nilai-nilai luhurnya yang sudah melekat pada diri bangsa Indonesia.

“Bahkan jauh sebelum Indonesia Merdeka,” kata Muklis.

Sementara, Zulpikar menyampaikan pada peserta bahwa nilai-nilai Pancasila baik dilingkungan Pendidikan dan di lingkungan masyarakat umum harus selalu di ingatkan dan di tingkatkan.

“Itu dapat dilakukan melalui kegiatan kegiatan yang dapat memancing semangat nasionalisme kita sebagai warga negara. Seperti kegiatan peringatan hari-hari besar nasional kita atau melalui diskusi-diskusi kecil di masyarakat,” paparnya.

Ditanya kesan apa yang di dapat oleh pemateri pada acara sosialisasi Peraturan Daerah tersebut, Zulpikar menyampaikan bahwa ia sangat terkesan dengan sikap tegas Ketua Fraksi PDI-P DPRD Banten yakni Muklis.

“Saat acara berlangsung, beliau berpesan agar acara Sosialisasi Perda tersebut tidak di tunggangi dengan acara kampanye, mengingat saat ini sudah mendekati waktu pemilu. Ini adalah sikap yang sangat menghargai proses Pemilu Bermartabat,” kata Zulpikar.

Acara Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor. 8 Tahun 2022 tersebut diakhiri dengan pembagian buku yang berjudul “Kita & Seputar Hukum” kepada beberapa peserta acara sosialisasi karya Zulpikar. (red)